Jumat, 18 Februari 2011

CONTOH RPP


Materi Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester
:
IV / I
Standar Kompetensi
:
2. Memahami hubungan antara bagian tumbuhan dengan          fungsinya
Kompetensi Dasar
:
2.1 Mejelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
Indikator
:
-       Memberi contoh ciri-ciri akar serabut ( tumb. Monokotil )
-       Memberi contoh cirri-ciri akar tunggang ( tumb. Dikotil )
Waktu
:
2 x 35 menit
Pelaksanan
:
…………………..

I.         Tujuan Pembelajaran
Ø  Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri tumbuhan berakar serabut
Ø  Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri tumbuhan berakar tunggang
Ø  Siswa dapat menyebutkan 2 contoh tumbuhan berakar serabut
Ø  Siswa dapat menyebutkan 2 contoh tumbuhan berakar tunggang
Ø  Siswa dapat membedakan bentuk akar serabut dan akar tunggang
Ø  Siswa dapat menunjukkan bentuk akar serabut dan akar tunggang

II.      Materi Pokok
Bagian Tumbuhan : Akar

III.   Sumber Bahan dan Metode
a.       Sumber Bahan
-       Jelajah IPA Yudistira Hal. 28
-       SAINS 4A Yudistira Hal. 26
b.      Metode
-       Pendekatan CTL
-       Ceramah
-       Demonstrasi
-       Diskusi
-       Tanya jawab
-       Penugasan

IV.   Langkah-Langkah Pembelajaran
A.    Pendahuluan
Ø Guru mengkondisikan kelas
Ø Mengadakan Tanya jawab yang berhubungan dengan tumbuhan yang ada di sekitar
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran



B.     Kegiatan Inti
Ø Guru menjelaskan tentang jenis-jenis akar tumbuhan
Ø Guru menjelaskan ciri-ciri tumbuhah berakar serabut dan tumbuhan berakar tunggang, diselingi Tanya jawab
Ø Guru menunjukakan contoh tumbuhan berakar serabut dan tunggang kemudian menjelaskannya juga diselingi Tanya jawab
Ø Siswa diajak  keluar kelas kebetulan sekolah menghadap kebun dan sawah
Ø Siswa disuruh mengamati tumbuhan yang ada di sekitar
Ø Kemudian siswa disuruh mencatat hasil pengamatan. Semua tumbuhan yang mereka temui disertai dengan ciri-cirinya
Contoh : - Pohon pisang batangnya lurus
-    Pohon mangga batangnya bercabang
Ø Setelah selesai siswa diajak masuk ke kelas lagi
Ø Siswa dibagi sesuai kelompoknya
Ø Tugasnya setiap kelompok membuat tabel yang berisi klasifikasi tumbuhan sesuai jenis akarnya, yang diambil dari hasil pengamatan tadi dan boleh ditambah dari pengalaman sehari-hari
Ø Setelah selesai guru mengajak siswa membahas hasil diskusi
Ø Guru memberi penguatan kepada siswa yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik
C.     Penutup
Ø Guru menyimpulkan materi yang telah dibahas
Ø Guru memberikan PR


V.      Evaluasi
Bentuk      : Tertulis
Instrumen : Isian

Soal
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
1.      Sesuai jenisnya akar dibedakan menjadi 2 yaitu ……….dan ……..
2.      Tumbuhan monokotil mempunyai akar ……….
3.      Dilihat dari batangnya tumbuhan berakar serabut berbatang ……….
4.      Pohon mangga dan jambu mempunyai akar ……..
5.      Akar yang berukuran kecil tunbuh dari pangkal batang dan bentuknya hampir sama disebut akar ………




Kunci jawaban
1.      Serabut dan tunggang
2.      Serabut
3.      Lurus
4.      Tunggang
5.      Serabut

Skor  : a soal x 20
NA    : 100





Mengetahui
Kepala Sekolah


(…………………..)
                                  Manggarmas, ……………2010
                             Guru Kelas


                              (……………….)



























LEMBAR KERJA SISWA
Kelompok

Tulislah tumbuhan yang termasuk monokotil dan dikotil pada kolom yang tersedia !

No
Monokotil
Dikotil
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
……………………………………
……………………………………..
……………………………………
……………………………………
……………………………………
……………………………………
……………………………………
……………………………………
……………………………………
……………………………………
………………………………………..
…………………………………………
…………………………………………
…………………………………………
…………………………………………
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
…………………………………………
………………………………………..







Mengetahui
Kepala Sekolah


(…………………..)

Manggarmas, …………..2010
Guru Kelas


(……………….)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar